Belajar Sambil Bermain |
Sebelum membahas bentuk dan jenis metode
belajar sambil bermain dengan lebih jauh, agar lingkup metode tersebut
dapat lebih dipahami dengan jelas, ada baiknya kita pahami dan segarkan
kembali maksud atau pengertian dari metode itu sendiri, juga
jenis-jenis metode belajar yang ada, agar menjadi jelas pula kedudukan
metode belajar sambil bermain di antara metode-metode yang telah ada
sebelumnya.
A. Pengertian Metode Belajar
Membahas
pengertian metode belajar, biasanya tak bisa dilepaskan dari
istilah-istilah lain, yaitu pendekatan, strategi, dan teknik karena
keempatnya saling terkait.
1. Pendekatan
Pendekatan,
dalam bahasa Inggris sering diistilahkan dengan approach, yang artinya
cara memulai sesuatu. Secara umum, pendekatan (approach) sering
diistilahkan dengan cara pandang seseorang sesuai dengan filsafat dan
keyakinan yang dianutnya. Lebih lengkapnya, pendekatan dapat diartikan
sebagai seperangkat asumsi yang menjadi dasar (landasan) dalam memulai
sesuatu (Hidayat, 1990:1).
2. Strategi
Strategi
berasal dari bahasa Yunani: strategia. Kata ini semula merupakan istilah
yang digunakan dalam bidang militer, yang berarti: cara penggunaan
seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan (Sanjaya,
2006:4). Strategi dalam konteks ini dapat diartikan pula sebagai suatu
seni merancang operasi di dalam peperangan (Hidayat, 1990 :1). Sejalan
dengan itu, Hornby (1969:996) mengartikan strategi sebagai suatu
keterampilan mengatur suatu kejadian atau hal-ikhwal. Kata strategi yang
semula merupakan istilah militer lambat laun digunakan pula pada
bidang-bidang lainnya, seperti dalam bidang administrasi. Kemudian,
penggunaannya melekat pula dalam bidang pendidikan. Dalam bidang
pendidikan, strategi diartikan sebagai aplan, method, or series of
activities designed to achieves a particular educational goal (J.R.
David, 1976). Menurut pengertian ini, strategi pembelajaran meliputi
rencana, metode, dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai
tujuan tertentu. Sejalan dengan pendapat tersebut, T. Rakajoni
mengartikan strategi pembelajaran sebagai pola dan urutan umum perbuatan
pembelajar-pengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Pengertian strategi tersebut menegaskan bahwa strategi baru merupakan
rencana, kegiatan yang masih bersifat umum, belum merupakan tindakan.
3. Metode
Metode, menurut Hidayat (1990: 60), berasal dari bahasa Yunani:
methodos, yang berarti jalan atau cara. Dalam fi lsafat dan ilmu
pengetahuan, metode diartikan sebagai cara memikirkan dan memeriksa
sesuatu hal menurut sesuatu rencana tertentu, atau cara melakukan
sesuatu. Dalam dunia pengajaran metode diartikan sebagai rencana
penyajian bahan yang menyeluruh dengan urutan yang sistematis
berdasarkan pendekatan dan strategi tertentu. Pengertian ini menegaskan
bahwa metode merupakan cara melaksanakan pekerjaan yang didasarkan pada
strategi dan pendekatan tertentu. Artinya, pendekatan dan strategi
mendasari penyusunan suatu metode.
4. Teknik
Pendekatan, strategi, dan metode adalah suatu konsep yang masih bersifat
teoretik yang mendasari pelaksanaan suatu pembelajaran. Di samping
ketiga istilah tersebut, ada suatu alat lain yang digunakan langsung
oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran itu. Inilah yang disebut
teknik. Teknik, menurut Hidayat (1990:60) adalah cara-cara dan alat-alat
yang digunakan guru dalam kelas. Atau lebih lengkapnya, teknik adalah
daya upaya, usaha-usaha, atau cara-cara yang digunakan guru dalam
mencapai tujuan langsung dalam pelaksanaan pembelajaran pada saat itu.
Dari pengertian-pengertian tersebut menjadi jelaslah pengertian
istilah-istilah itu, kaitannya, serta kedudukannya. Dilihat dari
kedudukannya, keempat konsep itu dapat diuraikan sebagai berikut:
pendekatan mendasari dan melahirkan strategi, strategi mendasari dan
melahirkan metode, metode mendasari dan melahirkan teknik, pendekatan,
strategi, dan metode adalah cara dan rencana untuk melakukan sesuatu
yang sifatnya masih teoretik. Adapun teknik sudah merupakan tindakan
atau penerapan dari metode, strategi, dan pendekatan.
Dengan
uraian tersebut, menjadi jelas pulalah maksud dari metode dan
kedudukannya. Metode belajar sambil bermain yang diuraikan dalam artikel
ini mengacu pada pengertian metode tersebut. Selanjutnya, untuk lebih
memahami masalah metode, akan diuraikan jenis-jenis metode pembelajaran
yang akan kami posting, Insya Allah lain hari ya. Selamat membaca.
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar asal dengan kata-kata yang sopan...!