Para Peserta Didik sedang mengamati Alat Peraga Pembelajaran |
Secara
praktis proses pencapaian tujuan itu melalui suatu pengajaran yang
direncanakan oleh sekolah. Atau dengan kata lain sekolah menyediakan
suatu lingkungan yang sesuai dengan usaha pencapaian tujuan pendidikan
yang diharapkan oleh masyarakat umum sesuai dengan kebutuhan: dan
cita-cita masyarakat itu. Tujuan khusus adalah tujuan yang merupakan
penjabaran secara terperinci dari tujuan umum. Tujuan guru adalah tujuan
yang diharapkan oleh guru, yakni perubahan dalam berbagai aspek tingkah
laku siswa. Sedangkan tujuan siswa adalah tujuan yang berdasarkan pada
keinginan dan minat siswa.
Untuk dapat lebih mudah memahami uraian Pengertian Media Pengajaran selanjutnya,
berikut ini diberikan beberapa pengertian tentang media. Kata "Media"
berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata "Medium"
yang berarti perantara atau pengantar. Jadi media adalah perantara atau
pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Banyak batasan yang
diberikan dari orang tentang media media tidak hanya digunakan oleh guru
tetapi lebih penting lagi digunakan oleh siswa. Karena sebagai penyaji
dan penyalur pesan, dalam hal tertentu media dapat menyampaikan
informasi secara. lebih teliti jelas dan menarik.
Menurut Soendjojo mengatakan Pengertian Media Pengajaran
“Media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar ide
sehingga gagasan itu sampai pada penerima”. Sedangkan menurut Sadiman
mengatakan "Media adalah segala alat fisik yang dapat menyatakan pesan
serta perangsang siswa untuk belajar". Hakekat pemilikan dan penggunaan
media adalah keputusan untuk memahami, tidak memakai atau
mengadaptasikan media terhadap siswa, tidak sekedar memakai media,
tetapi harus memilih kriteria dan menggunakan media salah satu dasar
pertimbangan pemilihan dan penggunaan media adalah ingin memberikan
gambaran / penjelasan yang lebih kongkrit. Disamping hal tersebut di
atas masih ada beberapa faktor yang perlu juga diperhatikan antara lain
tujuan instruksional yang hendak dicapai, karakteristik siswa (sasaran,
jenis rangsangan belajar yang diinginkan) dalam hubungan dengan kriteria
pemilihan dan penggunaan media menurut pandangan Sadiman (1986 85)
mengatakan “Pemilihan media seyogyanya tidak terlepas dari pokok
permasalahan bahwa media merupakan komponen dari sistem instruksional
secara keseluruhan” Dengan demikian jelas, bahwa pemilihan dan
penggunaan media sebaiknya tidak terlepas dari tujuan utamanya, yaitu
bahwa media merupakan komponen dari sistem instruksional karena itu
meskipun tujuan dari isinya sudah dikaitkan tetapi faktor-faktor
karakteristik siswa strategi belajar mengajar alokasi waktu dari sumber
perlu sekali dipertimbangkan. Jika dilihat dari pendapat di atas
jelaslah penggunaan media dalam proses belajar mengajar dilakukan secara
baik serta optimal akan membawa dampak positif terhadap guru dan siswa.
Baik demikian artikel mengenai Pengertian Media Pengajaran mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca! Terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar asal dengan kata-kata yang sopan...!