TERKADANG guru bingung dan bahkan galau untuk
memilih model pembelajaran apa yang cocok untuk diterapkan pada saat mengajar di kelas. Nah
kali ini sobat pendidikan khususnya seorang guru, tak perlu khawatir lagi
karena di bawah ini adalah artikel tentang 10 contoh model
pembelajaran dan langkah-langkahnya, so, tidak usah galau lagi tidak usah khawatir
lagi, silahkan pilih salah satu model di bawah ini yang cocok untuk diterapkan
di kelas. Semoga bermanfaat.
1. PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah
:
a.
Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
b.
Menyajikan materi sebagai
pengantar
c.
Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
d.
Guru menunjuk/memanggil siswa
secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang
logis
e.
Guru menanyakan alasan/dasar
pemikiran urutan gambar tersebut
f.
Dari alasan/urutan gambar
tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai
g.
Kesimpulan/rangkuman
2. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah
:
a.
Siswa dikelompokkan ke dalam =
4 anggota tim
b.
Tiap orang dalam tim diberi
bagian materi yang berbeda
c.
Tiap orang dalam tim diberi
bagian materi yang ditugaskan
d.
Anggota dari tim yang berbeda
yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok
baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
e.
Setelah selesai diskusi sebagai
tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman
satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh
f.
Tiap tim ahli mempresentasikan
hasil diskusi
g.
Guru memberi evaluasi
h.
Penutup
3. EXAMPLES NON EXAMPLES
Contoh dapat
dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah
:
a.
Guru mempersiapkan
gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.
Guru menempelkan gambar di
papan atau ditayangkan melalui OHP
c.
Guru memberi petunjuk dan
memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
d.
Melalui diskusi kelompok 2-3
orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
e.
Tiap kelompok diberi kesempatan
membacakan hasil diskusinya
f.
Mulai dari komentar/hasil
diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
g.
Kesimpulan
4. COOPERATIVE SCRIPT
Skrip
kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian
secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah
:
a.
Guru membagi siswa untuk
berpasangan
b.
Guru membagikan wacana/materi
tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
c.
Guru dan siswa menetapkan siapa
yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai
pendengar
d.
Pembicara membacakan
ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok
dalam ringkasannya.
e.
Sementara pendengar :
1)
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap
2)
Membantu
mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau
dengan materi lainnya
f.
Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti
diatas.
g.
Kesimpulan Siswa bersama-sama
dengan Guru
h.
Penutup
5. MIND MAPPING
Sangat baik
digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban.
Langkah-langkah
:
a.
Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
b.
Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
c.
Membentuk kelompok yang
anggotanya 2-3 orang
d.
Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
e.
Tiap kelompok (atau diacak
kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papat dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
f.
Dari data-data di papan siswa
diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep
yang disediakan guru
6. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (Modifikasi Dari Number Heads)
Langkah-langkah
:
a.
Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b.
Penugasan diberikan kepada
setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkaiMisalnya : siswa
nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa
nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
c.
Jika perlu, guru bisa menyuruh
kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya
dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain.
Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu
atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
d.
Laporkan hasil dan tanggapan
dari kelompok yang lain
e.
Kesimpulan
7. NUMBERED HEADS TOGETHER
Langkah-langkah
:
a.
Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b.
Guru memberikan tugas dan
masing-masing kelompok mengerjakannya
c.
Kelompok mendiskusikan jawaban
yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya
d.
Guru memanggil salah satu nomor
siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
e.
Tanggapan dari teman yang lain,
kemudian guru menunjuk nomor yang lain
f.
Kesimpulan
8. PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)
(Pembelajaran
Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah
:
a.
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi
siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
b.
Guru membantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan
dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
c.
Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
d.
Guru membantu siswa dalam
merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu
mereka berbagi tugas dengan temannya
e.
Guru membantu siswa untuk
melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka
da proses-proses yang mereka gunakan
9. STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TIM SISWA KELOMPOK
PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah
:
a.
Membentuk kelompok yang
anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku, dll)
b.
Guru menyajikan pelajaran
c.
Guru memberi tugas kepada
kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu
menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
d.
Guru memberi kuis/pertanyaan
kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
e.
Memberi evaluasi
f.
Kesimpulan
10. ARTIKULASI
Langkah-langkah
:
a.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
b.
Guru menyajikan materi
sebagaimana biasa
c.
Untuk mengetahui daya serap
siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
d.
Suruhlan seorang dari pasangan
itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya
e.
Suruh siswa secara
bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
f.
Guru mengulangi/menjelaskan
kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
g.
Kesimpulan/penutup
semoga
informasinya bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar asal dengan kata-kata yang sopan...!
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.