visibility:hidden
Minggu, 31 Mei 2015

Alkisah, di sebuah desa ada seorang kaya raya yang mengumumkan membeli monyet dengan harga 50 ribu per ekor. Padahal, monyet di sana  sama sekali tidak berharga karena jumlahnya sangat banyak dan dianggap hama pemakan tanaman buah buahan. Para penduduk desa menyadari banyaknya monyet di sekitar desa pun lantas mulai masuk hutan dan menangkapnya satu per satu.
Kemudian, si orang kaya membeli ribuan ekor monyet dengan harga 50 ribu. Karena penangkapannya secara besar besaran akhirnya monyet semakin sulit dicari. Penduduk desa pun menghentikan usahanya untuk menangkapi monyet tersebut. Maka, si orang kaya pun sekali lagi  kembali mengumumkan membeli monyet dengan harga 100 ribu per ekor. Tentu saja hal ini memberikan semangat dan angin segar bagi penduduk desa untuk kemudian memulai lagi menangkap monyet.

Tidak beberapa lama, jumlah monyet pun sedikit dari hari ke hari dan semakin sulit dicari. Kemudian penduduk kembali ke aktivitas seperti biasanya yaitu bertani. Karena monyet ini telah langka, harga monyet pun meroket hingga 150 ribu. Tapi, tetap saja monyet sudah sulit dicari. Sekali lagi, si orang kaya mengumumkan kepada penduduk sekitar  bahwa ia ingin membeli monyet dengan harga 500 ribu per ekor.

Namun suatu ketika si orang kaya harus pergi ke kota karena bisnis, asisten pribadinya menggantikan sementara. Tanpa kehadiran orang kaya si asisten berkata kepada penduduk desaLihatlah monyet itu di ruangan besar yang dikumpulkan si orang kaya itu. Saya akan menjual monyet tersebut kepada kalian dengan harga 350 ribu per ekor. Saat si orang kaya kembali kalian bisa menjualnya kembali ke orang kaya dengan harga 500 ribu. Bagaimana?”
Akhirnya, penduduk mengeluarkan uang simpanan mereka dan melakukan aksi borong beli seluruh monyet di kurungan. Namun ternyata penduduk desa tidak pernah melihat orang kaya maupun si asisten di desa itu. Penduduk desa akhirnya meringis karena sudah kehilangan cukup banyak uang karena jebakan yang dipasang mafia perdagangan monyet. Akhirnya, fenomena tersebut dikenal orang sebagai monkey bussines.

FENOMENA BATU AKIK

Fenomena itu pernah kita alami dengan tanaman aglonema, pohon anthurium, dan ikan louhan. Sama dengan semua barang yang kita beli tetapi bukan karena kita membutuhkanya. Demikian pula dalam demam batu akik yang terjadi belakangan ini, berpotensi muncul jebakan monkey bussines. Pada zaman kejayaanya tanaman dan ikan itu memiliki nilai jual yang sangat tinggi . bahkan ada yang mencapai 2 miliar untuk jenis anthurium jemani. Padahal, di luar sana harga anthurium tidak semahal itu. Rata rata hanya puluhan dolar. Sesuailah dengan value for money sebuah objek hobi.

Cincin Batu Akik
Di Indonesia, harganya sungguh menjadi tidak rasional. Pengusaha nursery di luar negeri bahkan kaget melihat wisatawan Indonesia yang memborong anthurium berapa pun harga tanaman dibuka. Ada semacam penggiringan opini untuk menaikkan harga pasar. Tetapi, naiknya tren karena  penggiringan alias pencitraan tidak akan berlangsung lama. Tren louhan, aglonema, dan anthurium hanya berlangsung 2 tahunan. Kini harga 3 item itu turun pada batas kewajaran.
Monkey bussines adalah sebuah permainan yang diawali satu atau beberapa pihak pemodal besar yang mendesain agar suatu komoditas bernilai tertentu. Perlahan namun pasti, komoditas tersebut bakal mempunyai  nilai yang terus bertambah, kendati komoditas tersebut tidak memiliki manfaat yang jelas serta ilmiah. Kemudian dengan suatu cara para pemodal akan dapat keuntungan  karena telah menyusun skenario. Ketika barang itu mencapai puncak  booming mereka melepas stok yang disiapkan sejak lama. Setelah itu karena terlalu banyak suplai di pasaran dan permintaan yang tidak sebanding, perlahan harga barang tersebut otomatis turun mengikuti mekanisme pasar mencari harga yang wajar.

Batu bacan, batu giok Aceh, bio solar serta batu mulia lain yang haganya sangat fantastis bukan tidak mungkin terkena jebakan monkey business tersebut. Memang, batu mulia termasuk un-renewable resources (sumber daya alam tidak diperbarukan) yang sangat beda dengan fenomena anthurium, aglonema, louhan (renewabe resources). Namun, jika tidak berhati-hati dalam melangkah, bukan tidak mungkin kita semua akan terjebak dalam lingkaran setan monkey bussines tersebut. Maklum, kondisi masyarakat kita yang sering latah akan para mafia pebisnis untuk meningkatkan nilai komoditas.

Terlebih, dalam hal akik tidak terdapat manfaat ekonomis nyata yang dapat diasosiasikan dengan batu alam tersebut. Memang, bagi sebagian kalangan, kepemilikan akik memberikan manfaat berupa kenikmatan atau utilitas subjektif.
Kenikmatan yang diperoleh seseorang  dari memiliki atau menggunakan cincin akik akan memberi nilai subjektif pada batu akik, tetapi bukan nilai intrinsik yang objektif. Itulah fenomena emosional yang akan menggiring orang ke arah bisnis yang irasional dan ujungnya kena jebakan monkey business hanya menguntungkan segelintir orang atau kelompok.


Sejarah sudah membuktikan sesuatu yang lahir dari pencitraan atau penggiringan opini akan bertahan sesaat saja. Selanjutnya  warna atau nilai aslinya akan memudar dan dengan mudah terbaca. Karena itu masyarakat pecinta dan pelestari batu akik harus rasional dalam memandu booming akik ini dalam koridor yang sehat. Dengan cara pandang dan paradigma semacam itu, kita justru menemukan harga standar yang sesungguhya dari sebuah batu permata /mulia. Yakni, sebuah harga riil batu mulia yang tercipta karena mekanisme pasar yang wajar, sehat serta proposional. (Susidarto/JP/12032015)

4 komentar:

  1. JUAL BONGKAHAN BATU BACAN DOKO & PALAMEA
    (Chrysocolla chalcedony,Living Stone,Gem silica)
    galian tanjung gulau (pulau kasiruta) halmahera selatan,maluku utara
    No Hp 0856-9677-0072 ==###== PIN BB 5799FC30

    BACAN DOKO SUPER
    ================
    Berat 3 ons Rp 1.000.000 nego
    Berat 5 ons Rp 1.500.000 nego
    Berat 1 kg Rp 2.500.000 nego
    Berat 2 kG Rp 4.250,000 nego
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    BACAN PALAMEA
    ==============
    Berat 3 ons Rp 800.000
    Berat 5 ons Rp 1.200.000 nego
    Berat 1 kg Rp 2.200,000 nego
    Berat 2 Kg Rp 4.000,000 nego
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    KONDISI BATU
    ============

    Natural (no treatment) asli bukan sintetis
    Bahan tua galian tambang sendiri
    Keras & Padat
    Siap Gosok
    Full daging tanpa kapur
    Kualitas super krystal
    Mineral (chysocolla chalcedony)

    Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
    Kami juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
    Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi/sms

    No Hp 0856-9677-0072 ==###== PIN BB 5799FC30

    ================================================

    BalasHapus
  2. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus
  3. bagi para pncinta bongkahan batu alam(mulia)kami disini mau tawarkan bongkahan batu bacan asli,bagi para pencinta batu mau beli batu bacan degan harga terjangkau(murah) silakan intiv pin bbm kami 580A03A7 tapi apabila dalam pembelian agat partai besar kami berani berikan bonus,salam bisnis.......

    BalasHapus

Boleh komentar asal dengan kata-kata yang sopan...!